~THE LOST VILLAGE~


Case Maker : Ry Permana
Genre : Analisa Deduktif (Silent Investigation)
Solver : -

KASUS DALAM KISAH INI DI ADAPTASI DARI KISAH NYATA

1719
Robinson County, Amerika
Namaku Alan Pinkerton, aku adalah seorang "pecandu". Yah, pecandu kasus-kasus rumit hehe . . . Pada awalnya tujuanku untuk memburu komplotan bandit paling sadis, Jesse James yang sebelumnya di buru oleh kedua kakakku. Tapi aku tertarik pada cerita seorang kakek ahli sejarah dari inggris, sehingga perjalanku terhenti disebuah daerah suku indian yang bermata biru dan berkulit putih yaitu Robinson Country. Mereka punya nama-nama yang aneh menurutku, sebagai suku asli Amerika.
Aku bertemu seorang tua yang bernama Edgar White disebuah Bar.
"Hoho...jadi kau senang berurusan dengan penjahat, anak muda" Kakek itu tertawa memperlihatkan gigi ompongnya setelah ku ceritakan tentang hasratku.
"Baiklah, akan ku beri kau sebuah teka - teki ini mengenai kasus se-abad yang lalu yg menimpa buyutku saat pertama kali membuat koloni disebuah pulau yang bernama Roanoke, jaraknya sekitar 100 mil dari sini" Ditenggaknya gelas bir di tangannya lalu masih kembali tersenyum menatapku yang penasaran.
"Pada tahun 1585, orang-orang Inggris membuat koloni di sebuah pulau yang dinamai Roanoke. Para suku indian nomaden tidak suka kedatangan koloni, kadang mereka beberapa kali menyerang beberapa orang dari koloni yang keluar dari benteng mencari makan di hutan. Di lain pihak ada suku Crotans, suku indian juga tapi mereka ramah dan baik, hanya saja jaraknya yang cukup jauh membuat mereka takut akan dibunuh sewaktu dalam perjalanan ke crotans oleh suku secotan (indian nomaden).
Pada tahun 1587 di saat koloni akan menghadapi musim dingin, akhirnya Gubernur John White mengambil inisiatif untuk pulang terlebih dahulu ke inggris dan membawa persediaan pakan. John White pun berlayar bersama beberapa orang dan meninggalkan 121 pemukim di pulau roanoke termasuk istri dan anaknya. Mungkin memang takdir pada saat itu di Inggris sedang perang besar dengan Spanyol sehingga Gubernur menunda keberangkatan nya selama tiga tahun.
Di tahun 1590, White kembali ke roanoke tapi dia tidak menemukan satu orang pun termasuk istri dan anaknya. 121 pemukim bagai di telan bumi. Apakah mereka dibantai suku indian nomaden? White berpikir itu tidak mungkin, karena sebelum pergi dia berpesan agar memberi tanda silang di pohon atau rumah kalau ada bahaya kepada para penduduk. Selain itu, tak ada tanda kebakaran atau perusakan. Semua masih tampak rapi, hanya tak ada seorang pun. Satu misteri lagi yang hadir yaitu sebelum pergi dia berpesan agar memberi tanda silang di pohon atau rumah kalau ada bahaya kepada para penduduk. Selain itu, tak ada tanda kebakaran atau perusakan. Semua masih tampak rapi, hanya tak ada seorang pun.
Satu misteri lagi yang hadir yaitu ditemukan nya tulisan CROTOAN di salah satu pohon dan ada beberapa yang hanya tertulis CRO. Sampai sekarang hal itu masih jadi misteri" Kakek itu tetap tersenyum dan mengajak ku bersulang.
Aku pun melanjutkan perjalanan di sepanjang perjalanan tak henti nya aku tersenyum layaknya kakek itu, apa dia keturunan gubernur itu ya? pikirku. Tapi tidak mungkin pikirku kemudian, mengingat di Inggris memakai nama ibu sebagai nama keluarga.
To be continue . . .

IM~Detective

Comments

Popular posts from this blog

4. Mimpi

KILLER MESSAGE