PROLOG : CASE DILEMA PELATIH TENIS

Pontianak,Akhir Maret 1993

Jumat Pagi
Aku sedang membaca buku tentang sejarah perang dunia pertama,ketika terdengar suara seorang pria memanggil ke arahku di depan pintu pagar rumahku.Saat kuhampiri,pria itu langsung berkata "Apakah kamu yang bernama Draco ?"."Benar,Pak,ada keperluan apa mencari saya ?"."Saya ingin mendiskusikan dilema saya"."Oh,mari Pak silakan masuk dulu" jawabku sambil membuka pintu pagar.Saat berjalan menuju teras,saya langsung bertanya "Ngomong-ngomong Bapak tahu alamat saya dari siapa ?"."Oh,saya memperoleh alamat rumahmu dari guru olahraga sekolahmu,Pak Urai,yang kebetulan merupakan sahabat saya".Beberapa saat kemudian,pria tersebut memperkenalkan diri sebagai Pak Hery,pelatih tenis propinsi dan setelah serangkaian pembicaraan singkat tentang tenis,Pak Hery mulai membicarakan tentang dilemanya."Saya ingin melakukan seleksi dengan sistim rangking kepada 8 pemain tenis yang saya latih,dimana rencananya 4 pemain terbaik akan saya pasang sebagai pemain utama untuk PON & 4 pemain lainnya menjadi cadangan"."Maaf kalau saya bertanya,sistim rangking yang bapak maksud seperti apa ?"."Begini,anggap 8 pemain tersebut adalah A sampai  H & setelah melalui serangkaian pertandingan,posisi akhirnya mungkin menjadi H sampai A.Masalahnya,jam 7 pagi tadi,saya diberitahu oleh pengurus PELTI propinsi,bahwa tim propinsi kita akan mengadakan pertandingan persahabatan dengan tim dari Kuching,Malaysia pada hari Minggu & usulan pertandingan ini diputuskan secara mendadak oleh tim dari Kuching,karena mereka akan tampil dalam turnamen antar negara di Hongkong & karena hubungan baik antar pengurus & adanya uang tampil buat para pemain kita,makanya para pengurus setuju"."Saya mengerti Pak,jadi apa yang akan Bapak lakukan ?"."Rencananya saya akan melakukan serangkaian pertandingan 1 set dgn batas waktu 1 jam diantara  8 pemain tersebut sehingga saya bisa mendapatkan rangking pemain dari yg terbaik sampai ke nomor 8 & kebetulan saya sudah memesan 1 lapangan tenis untuk keperluan ini & rencananya rangkaian pertandingan ini akan dimulai jam 10 pagi & saya ingin agar rangking pemain dapat saya ketahui hari ini juga,agar pemain dapat beristirahat menjelang pertandingan hari Minggu".Saya berpikir selama beberapa menit sebelum akhirnya bertanya "Pak,jika saya boleh berasumsi jika pemain A mengalahkan pemain B & pemain B mengalahkan pemain C,maka pemain A akan mengalahkan pemain C saat mereka bertanding ?"."Sebenarnya tidak seperti itu,namun jika asumsimu seperti itu boleh-boleh saja.Perlu diketahui,bahwa kondisi para pemain saya lagi fit & dapat memainkan beberapa pertandingan sekaligus sesuai dengan rencana yg saya siapkan".Sejenak suasana di teras rumah saya terasa sunyi,Pak Hery mulai melihat kearah jam tangannya,sementara saya lagi sibuk menulis sesuatu di kertas,sambil mengigit bibir tanda sedang berpikir keras.Setelah beberapa menit yang sunyi,saya menemukan titik terang dan berkata "Pak,saya sudah menemukan pemecahan buat dilema bapak,asalkan setiap pertandingan tidak melebihi 1 jam.Yang perlu Bapak lakukan adalah seperti ini.......".

Setelah mendengarkan penjelasan saya,Pak Hery mengucapkan terima kasih & memohon maaf atas gangguan yang diberikan sambil berkata "Kalau kamu mau menonton pertandingan melawan tim dari Kuching hari minggu nanti,saya akan siapkan tempat duduk khusus di dekat lapangan"."Terima kasih atas tawaran Bapak,saya akan datang menonton bersama orang tua saya".Setelah Pak Hery pergi,saya melanjutkan kegiatan membaca buku sejarah,namun setelah 15 menit,saya kembali berpikir soal dilema Pak Hery."Hmm...Kalau saja Pak Hery bisa menyewa lebih banyak lapangan,mungkin rangking pemainnya bisa diselesaikan lebih cepat.Seperti ini caranya.......".

Minggu Sore
Setelah melalui pertandingan yang sangat seru & ketat,akhirnya tim tenis propinsi saya menang tipis 2 games berbanding 1 games atas tim dari Kuching,Malaysia.Seusai pertandingan,Pak Hery memperkenalkan para pemainnya kepada saya dan orang tua saya sambil mengucapkan terima kasih atas bantuan yang saya berikan sebelumnya.

Pertanyaan Case Dilema Pelatih Tenis

a. APA SOLUSI YANG DIPEROLEH DRACO UNTUK DILEMA PAK HERY ?
b. BERAPA JAM YANG DIPERLUKAN UNTUK MEMPEROLEH RANGKING PEMAIN SEPERTI YANG DIINGINKAN OLEH PAK HERY ?
c. BERAPA MAKSIMAL LAPANGAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MELAKSANAKAN PERTANDINGAN ?
d.  JELASKAN SOLUSI TERBAIK YANG DRACO TEMUKAN UNTUK DILEMA PAK HERY !!!
e. BERAPA JAM YANG DIPERLUKAN UNTUK MEMPEROLEH RANGKING YANG DIINGINKAN ?

Comments

Popular posts from this blog

4. Mimpi

KILLER MESSAGE