Edgar Allan Poe, Penulis Cerita Detektif Pertama

Disebut sebagai penulis cerita detektif yang menginspirasi Sir Arthur Conan Doyle,  Wilkie Colline,  Agatha Christie,  Alfred Hitchcock,  dan Stephen King. Selain itu ada juga yang menyebut beliaulah yang mempopulerkan istilah detektif.

Baca juga Karya Edgar Allan Poe : Pembunuhan di Rue Morgue


Dilahirkan di Boston,  Massachausetts,  dengan nama Edgar Poe,  19 Januari 1809 dari pasangan aktris dan aktor Elizabeth Arnold Hopkins Poe dan actor David Poe,  Jr.  Poe kecil hidup sebatang kara setelah sang ayah menelantarkan keluarganya dan sang ibunya meninggal karena sakit.   Dia lalu dibesarkan oleh keluarga pengusaha,  John dan Frances Allan.  Meskipun  mereka tidak pernah secara resmi mengadopsi Poe,  dia kemudian mulai menggunakan nama keluarga "Allan" sebagai nama tengah.
Poe mengenyam pendidikan tinggi di Universlsity of Virginia dengan mengambil jurusan bahasa,  tetapi hanya bertahan satu semester karena kekurangan biaya. Padahal,  sebenarnya sang ayah angkat selalu mengirimkan cukup uang,  tetapi ternyata jumlah utang yang ditanggung Poe semakin bertambah.  Setelah keluar dari universitas,  dia merasa tidak nyaman untuk kembali ke rumah keluarga Allan di Richmond,  dia lalu berkelana ke Boston April 1827 dan mulai bekerja sebagai klerek dan jurnalis sebuah surat kabar.  Pada masa ini Poe mulai menggunakan nama aliasnya,  Henri Le Rennet.
Untuk mendapatkan penghasilan yang lebih stabil,  Poe mendaftar ke United States Army sebagai serdadu.  Dia mengaku bernama Edgar A.  Perry dan mengklaim diri berusia 20 tahun,  padahal sebebarnya baru 18 tahun.  Penugasan pertamanya di Boston,  dengan gaji lima dolar Amerika sebulan.  Pada tahun itu dia menerbitkan buku pertamanya,  sebuah kumpulan puisi berjudul Tamerlame and Othrr Poems,  yang tidak mendapatkan perhatian publik.
Selain sebagai salah satu maestrp dalam fiksi misteri,  horor fantasi,  dan puisi, Poe juga menjadi pelopor cerita bergenre detektif lewat tokoh detektif Dupin yang dikarangnya.  Nama "Dupin"  kemungkinam besar terinspirasi dari sebuah nama dalam cerita berseri di Burton's Gentlemen's Magazine tahun 1828.
Poe meninggal 7 Oktober 1849. Penyebab kematiannya hingga kini masih menjadi misteri.  Pada tanggal 3 Oktober 1849 seseorang menemukannya dalam keadaan linglung dan menyedihkan di jalanan Baltimore,  Maryland.  Dia dibawa ke Washington College Hospit,  beberapa hari kemudian dia pun meninggal, tanpa pernah sempat menjelaskan apa yang dialaminya pada hari-hari terakhir masa hidupnya. Atas dedikasinya dalam lieterasu dunia,  dibuatlah perkumpulan Thr Mystery Writers of America mempersembahkan Edgar Awward,  sebuah penghargaan sastra tahunan untuk karya dan pengarang fiksi bergenre misteri.

Comments

Popular posts from this blog

4. Mimpi

KILLER MESSAGE